ASPEK PEMASARAN

MAKALAH PENGATAR BISNIS INFORMASI
ASPEK PEMASARAN
JD.ID





Disusun Oleh:
Muhammad Andi Fajri
57414081
4IA08





Fakultas Teknologi Industri / Jurusan Teknik Informatika
Universitas Gunadarma

2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya, karya tulis tentang “Aspek Pemasaran Pada JD.ID” dapat terselesaikan dengan baik. Karya tulis ini berfokus pada pentingnya peranan pemasaran dan strategi dalam menentukan kelanjutan usaha suatu perusahaan.
Dalam rangka ikut berperan serta menunjang proses perkuliahan, penulis  menyelesaikan sebuah karya dalam bentuk makalah sebagai pelengkap tugas mata kuliah “Pengantar Bisnis Informatika“. Tulisan ini bertujuan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap rasional, teliti, serta bertanggung jawab, dinamis dan berkesinambungan dalam memahami tujuan perusahaan dalam pemasaran, pengertian pemasaran secara umum, segmentasi pasar, pasar sasaran dan strategi pasar.
Penulis menyadari bahwa karya tulis ini memiliki kelemahan dan kekurangan baik dalam segi penulisan maupun penyusunan kata, kiranya semua pihak yang menggunakannya memberikan sumbangsih pemikiran demi kesempurnaan karya tulis ini.

Jakarta, November 2017



Penyusun


DAFTAR ISI
                                                                                   
                            Halaman
HALAMAN JUDUL.......................................................................................   i
KATA PENGANTAR......................................................................................   ii
DAFTAR ISI................................................................................................   iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
1.1 Latar Belakang Masalah................................................................. 1
1.2 Tujuan Pembuatan Makalah............................................................ 1
1.3 Rumusan Masalah......................................................................... 2
1.4 Batasan Masalah........................................................................... 2
1.5 Metode Penulisan......................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................. 3
2.1 Pengertian Pasar dan Pemasaran.................................................... 3
2.2 JD.ID.......................................................................................... 4
2.3 Spesifikasi Produk JD.ID................................................................ 5
2.4 Segmentasi Pasar......................................................................... 6
2.5 Analisis Situasi Pasar..................................................................... 6
2.5.1    Analisa Pasar.................................................................... 6
2.5.2    Analisa Persaingan............................................................ 7
2.6 Strategi Promosi JD.ID................................................................. 8
2.7 Media Promosi JD.ID Berbasis IT.................................................... 9
BAB III PENUTUP....................................................................................... 11
3.1 Komentar.................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………………....... 12


BAB I
PENDAHULUAN


1. 1   Latar Belakang

  Produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun konsumennya. 0leh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Sebagaimana diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.

1.2     Tujuan Pembuatan Makalah

Adapun tujuan dari pembuatan makalah yaitu :
·         Untuk mengetahui sistem spesifikasi produk atau jasa dari pasar tersebut.
·          Untuk mengetahui segmentasi dari produk atau jasa dari pasar  tersebut.
·                     Untuk menganalisis situasi pasar tersebut.
·                     Untuk menganalisis pesaing dari pasar tersebut.
·                     Untuk mengetahui strategi yang digunakan pada pasar tersebut.


1.3     Rumusan Masalah
·                     Apa itu aspek pemasaran ?
·                     Apa strategi yang digunakan pada pasar tersebut ?
·                     Apa saja sistem-sistem dalam pemasaran ?
·                     Apa saja aspek penting  dalam pemsaran ?

1.4      Batasan Masalah

Hal yang dibahas dalam makalah ini hanya mencangkup mengenai Aspek Pemasaran.

1.5     Metode Penulisan

Penulis memakai metode study literature dan kepustakaan dalam penulisan makalah ini. Referensi makalah ini bersumber tidak hanya dari buku, tapi juga dari media lain seperti blog, web, dan perangkat media massa yang diambil dari internet.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pasar secara sederhana dapat di artikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.  Pengertian ini mengandung arti pasar memiliki tempat atau lokasi tertentu sehingga memungkinkan pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi jual beli produk baik barang maupun jasa.
Pengertian lain yang lebih luas tentang pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk. Dari pengertian ini mengadung arti bahwa pasar merupakan kumpulan atau himpunan dari para pembeli baik pembeli nyata maupun pembeli potensial atas suatu produk atau jasa tertentu.
Namun pengertian pasar di jaman modern ini mungkin sudah lain, karena sekarang ini jaman serba mudah dan teknologi semakin canggih. Sekarang ini pasar tidak memerlukan tempat untuk membuka barang dagangannya, sekarang ini banyak situs situs yang menyediakn berbagai macam produk dan jasa yang diinginkan. Banyak produk dan jasa yang sekarang ini dipasarkan lewat media online dan tidak memerlukan tempat yang nyata.
Adapun jenis struktur pasar yang ada dapat di kelompokan ke dalam
  1. Pasar persaingan sempurna : suatu pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual dan pembeli sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat mempengaruhi harga barang di pasar,produk yang di hasilkan produsen relatif sama,sehingga suatu produsen merupakan pelengkap sempurna bagi hasil produksi produsen lain.
  2. Pasar persaingan monopolistik : suatu pasar dimana terdapat banyak penjual atau perusahaan dan memiliki ukuran –ukuran yang relatif sama besarnya.
  3. Pasar oligopoli : hanya terdapat sedikit penjual,hambatan untik masuk industri sedikit sulit
  4. Pasar monopoli : hanya terdapat 1 pejual saja sulit masuk kedalam industri.

Pengertian pemasaran seperti yang di kemukakan oleh Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan menejerial dengan mana individy dab kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain .
Pemasaran dapat pula diartikan sebagai upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan maksud tertentu. Pemasaran berusaha menciptakan dan mempertukarkan produk baik barang maupun jasa kepada konsumen dipasar. Penciptaan produk tentu saja didasarkan kepada kebutuhan dan keinginan pasar.

2.2     JD.ID
Jd.id adalah perusahaan mal online (e-commerce) yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.id dibentuk sebagai kerjasama antara JD.com dan sebuah partner Indonesia. JD.com adalah salah satu toko B2C online terbesar di China secara jumlah transaksi, di mana JD.com adalah “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya bervariasi mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.
          Apa yang dilakukan web ini agar aman dan cepat di akses oleh konsumen? Jd.id ini menggunakan country-code top-level domain Indonesia (.id) dipilih untuk melambangkan komitmen mereka untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan aman. Menurut laporan, nama domain tersebut memerlukan dana Rp. 500,000,000 (~US$ 38,000) untuk didapatkan.    Kenapa menggunakan domain Indonesia ini lebih cepat dan aman? Jawabanya adalah sebab server domain name server-nya (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).
          Setelah menjelaskan apa itu jd.id dan mengapa web itu cepat di akses oleh customer. Selanjutnya adalah membahas tentang kekurangan dan kelebihan dari web tersebut.

2.3     Spesifikasi Produk JD.ID
          JD.ID pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 16 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya seperti dibawah ini :
·           Ibu, Bayi & Anak-Anak
·           Phone & Tablet
·           Laptop & PC
·           Peralatan Kantor & Jaringan
·           Aksesoris PC & Komponen
·           Kamera & Audio
·           Elektronik Rumah Tangga
·           Smart & Gaming
·           Groceries & Health Care
·           Sports & Lifestyle
·           Perlengkapan Rumah
·           Voucher
·           Mainan & Hobi
·           Otomotif

Bisnis JD.ID berkembang sangat pesat. Jumlah produk yang ditawarkan bertumbuh cepat dari kurang dari 10.000 SKU pada tahun 2015 menjadi sekitar 100.000 SKU pada akhir tahun 2016. JD.ID juga menyediakan jasa pengiriman yang menjangkau 365 kota di seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengantarkan langsung kepada para pelanggan JD.ID.



2.4     Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar artinya membagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memmerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Untuk melakukan segmentasi pasar terdiri dari beberapa variabel yang harus di perhatikan.  Tujuannya adalah agar segmentasi yang telah di lakukan tepat sasaran.
Segmentasi merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen ter-dapat pembeli -pembeli yang mempunyai:
1.  kebutuhan yang berbeda-beda.
2.  pola pembelian yang berbeda-beda.
3.  tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran.

Sasaran pasar adalah mengefaluasi keaktivan setiap segmen kemudian memih salah satu dari segmen pasar atau lebih untuk di layani menetap. Menetapkan pasar sasaran dengan cara mengembangkan ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang di inginkan.
Posisi pasar yaitu mnentukan posisi yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Posisi produk adalah bagaimana suatu produk yang di definisikan oleh konsumen atas dasar atribut atributnya. Tujuan penetapan posisi pasar adalah untuk membangun dan mengomunikasikan keunggulan bersaing produk yang di hasilkan kedalam benak konsumen.

2.5     Analisis Situasi Pasar
Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada (Carvens, 2000). Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan.

2.5.1 Analisa Pasar
Pasar hendaknya ditentukan agar konsumen dan pesaing dapat dianalisis secara tepat. Menurut Kotler (2000), syarat adanya pasar adalah harus terdapat orang-orang dengan kebutuhan dan keinginan tertentu dan satu atau lebih produk yang dapat memuaskan kebutuhan ini. Selain itu, para pembeli juga mau dan mampu membeli produk yang memuaskan kebutuhan keinginan mereka.
Pasar produk merupakan produk khusus yang dapat memuaskan sejumlah kebutuhan dan keinginan manusia yang mau dan mampu membelinya (Cravens, 2000). Istilah produk menunjukkan produk fisik atau jasa pelayanan. Defenisi ini memadukan manusia atau organisasi dengan kebutuhan dan keinginan yang hampir sama terhadap suatu kategori produk yang dapat memuaskan keinginan tersebut.

2.5.2  Analisa Persaingan
Persaingan antar merk dapat terjadi pada semua struktur pasar produk. Biasanya perusahaan tidak bersaing langsung dengan semua perusahaan dalam industri. Karenanya harus dilakukan identifikasi perusahaan mana yang merupakan pesaing utama.
Pengevaluasian strategi, kekuatan, kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan aspek kunci analisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang sudah ada dan potensial. Hanya beberapa perusahaan dalam industrinya yang menyimpulkan para pesaing utama. Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa pesaing meliputi pendefenisian arena persaingan, penganalisisan group strategis, pengambaran dan pengevaluasian tiap pesaing utama. Analisis tersebut harus menunjukan kekuatan dan kelemahan pesaing.


Gambar grafik persaingan JD.ID dengan E-commerce lainnya
2.6     Strategi Promosi JD.ID
Dalam kegiatan ini setiap perusahaan berusaha untuk mempromosikan seluruh produk atau jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Tanpa promosi jangan diharapkan pelanggan dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Promosi merupakan sarana paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumennya. Tujuan promosi perusahaan adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon konsumen yang baru. Di JD.ID terdapat empat macam sarana promosi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produknya maupun jasanya
  • Periklanan (advertising), untuk menginformasikan, menarik, dan memengaruhi calon konsumenya. Contohnya : JD.ID ini membuat iklan-iklan untuk mempromosikan pasarnya secara menarik.


Gambar iklan JD.ID

  • Promosi penjualan (Sales promotion), untuk meningkatkan jumlah pelanggan, agar pelanggan tertarik untuk membeli, maka perlu dibuatkan promosi penjualan yang menarik mungkin. Contohnya : mengeluarkan produk-produk terbaru dan menawarkan potongan harga untuk menarik konsumen membeli barang tersebut.

Gambar potongan harga pada JD.ID

  • Publisitas (publicity), untuk memancing konsumen melalui kegiatan seperti pameran, bakti sosial, serta kegiatan lainnya. Kegiatan ini dapat meningkatkan pamor perusahaan dimata para konsumennya. Contohnya: JD.ID memberi paket mudik dengan mengadakan kuis pada saat idul fitri dengan syarat yang sudah ditentukan.


Gambar paket mudik JD.ID

·         Penjualan pribadi (personal selling),dalam dunia bisnis penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh salesman dan sales girls, dilakukan oleh petugas customer service atau service assistance. Cntohnya : JD.ID membuka booth pada saat adanya pameran.


Gambar booth JD.ID

2.7     Media Promosi JD.ID Berbasis IT
          Pada media ini Jd.id sendiri sudah membuat jasa penjualan produk-produknya lewat web dan aplikasi. Hal itu tentu saja untuk memudahkan para konsumen membeli produk-produk yang tersedia pada toko online ini.

                          

  Gambar web JD.ID                                



Gambar Aplikasi JD.ID d android





 BAB III
PENUTUP

3.1     Komentar
Berdasarkan tulisan yang saya buat dapat berkomentar bahwa sudah layak sebuah  perusahaan memiliki Strategi Pemasarannya masing-masing sebelum mereka menjalankan ataupun memasarkan produk atau jasanya itu. Karena strategi itu sangat penting untuk jalannya perusahaan kedepan agar bisa lebih baik lagi dan dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.
Strategi pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan pada saat ini. Contohnya dengan menggunakan teknologi-teknologi yang sudah ada. Dan JD.ID ini sudah menggunakannya dengan mengiklankan jasa/pasarnya tersebut lewat iklan pada aplikasi atau web-web tertentu.
Adapun penentuan strategi bersaing hendaknya dilakukan dengan cara membuat pada customer minat untuk memeli produk-produk yang dijual. Seperti dengan cara menyediakan promo pada barang tertentu itu sudah menjadi salah satu daya Tarik para customer untuk membelinya.
Dengan memperhatikan dan mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan perusahaan akan dapat menentukan dengan baik strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk tetap maju dan berkembang di tengah-tengah persaingannya.



DAFTAR PUSTAKA


1.       https://www.jd.id/
5.       http://spiritsumbar.com/minat-kompetisi-mudik-bersama-jd-id-ini-syaratnya/


                                                                               


                                                                                            

Komentar

Postingan Populer