ASPEK PEMASARAN
MAKALAH
PENGATAR BISNIS INFORMASI
ASPEK
PEMASARAN
JD.ID
Disusun
Oleh:
Muhammad
Andi Fajri
57414081
4IA08
Fakultas
Teknologi Industri / Jurusan Teknik Informatika
Universitas
Gunadarma
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya, karya tulis tentang “Aspek Pemasaran Pada JD.ID” dapat
terselesaikan dengan baik. Karya tulis ini berfokus pada pentingnya peranan
pemasaran dan strategi dalam menentukan kelanjutan usaha suatu perusahaan.
Dalam rangka ikut berperan
serta menunjang proses perkuliahan, penulis
menyelesaikan sebuah karya dalam bentuk makalah sebagai pelengkap tugas
mata kuliah “Pengantar Bisnis Informatika“. Tulisan ini bertujuan mengembangkan
pengetahuan, keterampilan, sikap rasional, teliti, serta bertanggung jawab,
dinamis dan berkesinambungan dalam memahami tujuan perusahaan dalam pemasaran,
pengertian pemasaran secara umum, segmentasi pasar, pasar sasaran dan strategi
pasar.
Penulis menyadari bahwa karya
tulis ini memiliki kelemahan dan kekurangan baik dalam segi penulisan maupun
penyusunan kata, kiranya semua pihak yang menggunakannya memberikan sumbangsih
pemikiran demi kesempurnaan karya tulis ini.
Jakarta,
November 2017
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL....................................................................................... i
KATA PENGANTAR...................................................................................... ii
DAFTAR ISI................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN.................................................................................
1
1.1 Latar Belakang Masalah.................................................................
1
1.2 Tujuan Pembuatan Makalah............................................................
1
1.3 Rumusan Masalah.........................................................................
2
1.4 Batasan Masalah...........................................................................
2
1.5 Metode Penulisan.........................................................................
2
BAB II PEMBAHASAN..................................................................................
3
2.1 Pengertian Pasar dan Pemasaran....................................................
3
2.2 JD.ID..........................................................................................
4
2.3 Spesifikasi Produk JD.ID................................................................
5
2.4 Segmentasi Pasar.........................................................................
6
2.5 Analisis Situasi Pasar.....................................................................
6
2.5.1 Analisa Pasar....................................................................
6
2.5.2 Analisa Persaingan............................................................
7
2.6 Strategi Promosi JD.ID.................................................................
8
2.7 Media Promosi JD.ID Berbasis IT....................................................
9
BAB III PENUTUP.......................................................................................
11
3.1
Komentar....................................................................................
11
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………………………………....... 12
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
1 Latar Belakang
Produk atau jasa yang dihasilkan oleh
perusahaan tidak mungkin dapat mencari sendiri pembeli ataupun konsumennya.
0leh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus
membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. Salah satu
cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan
hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi.
Sebagaimana
diketahui bahwa keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami
perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitan antara satu dengan
yang lainnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat
penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran
khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan
dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut.
Dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas
dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap
kesempatan atau paduan pada beberapa sasaran pasar.
1.2 Tujuan Pembuatan Makalah
Adapun
tujuan dari pembuatan makalah yaitu :
· Untuk
mengetahui sistem spesifikasi produk atau jasa dari pasar tersebut.
· Untuk
mengetahui segmentasi dari produk atau jasa dari pasar tersebut.
·
Untuk
menganalisis situasi pasar tersebut.
·
Untuk
menganalisis pesaing dari pasar tersebut.
·
Untuk
mengetahui strategi yang digunakan pada pasar tersebut.
1.3 Rumusan Masalah
·
Apa
itu aspek pemasaran ?
·
Apa
strategi yang digunakan pada pasar tersebut ?
·
Apa
saja sistem-sistem dalam pemasaran ?
·
Apa
saja aspek penting dalam pemsaran ?
1.4 Batasan Masalah
Hal
yang dibahas dalam makalah ini hanya mencangkup mengenai Aspek Pemasaran.
1.5 Metode Penulisan
Penulis
memakai metode study literature dan kepustakaan dalam penulisan makalah ini.
Referensi makalah ini bersumber tidak hanya dari buku, tapi juga dari media
lain seperti blog, web, dan perangkat media massa yang diambil dari internet.
BAB II
PEMBAHASAN
Pasar secara sederhana dapat di
artikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan
transaksi. Pengertian ini mengandung arti pasar memiliki tempat atau
lokasi tertentu sehingga memungkinkan pembeli dan penjual bertemu untuk
melakukan transaksi jual beli produk baik barang maupun jasa.
Pengertian lain yang lebih luas
tentang pasar adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu
produk. Dari pengertian ini mengadung arti bahwa pasar merupakan kumpulan atau
himpunan dari para pembeli baik pembeli nyata maupun pembeli potensial atas
suatu produk atau jasa tertentu.
Namun pengertian pasar di jaman
modern ini mungkin sudah lain, karena sekarang ini jaman serba mudah dan teknologi
semakin canggih. Sekarang ini pasar tidak memerlukan tempat untuk membuka
barang dagangannya, sekarang ini banyak situs situs yang menyediakn berbagai
macam produk dan jasa yang diinginkan. Banyak produk dan jasa yang sekarang ini
dipasarkan lewat media online dan tidak memerlukan tempat yang nyata.
Adapun
jenis struktur pasar yang ada dapat di kelompokan ke dalam
- Pasar
persaingan sempurna : suatu pasar dimana terdapat sejumlah besar penjual
dan pembeli sehingga tindakan penjual secara individu tidak dapat
mempengaruhi harga barang di pasar,produk yang di hasilkan produsen
relatif sama,sehingga suatu produsen merupakan pelengkap sempurna bagi
hasil produksi produsen lain.
- Pasar
persaingan monopolistik : suatu pasar dimana terdapat banyak penjual atau
perusahaan dan memiliki ukuran –ukuran yang relatif sama besarnya.
- Pasar
oligopoli : hanya terdapat sedikit penjual,hambatan untik masuk industri
sedikit sulit
- Pasar
monopoli : hanya terdapat 1 pejual saja sulit masuk kedalam industri.
Pengertian pemasaran seperti yang di
kemukakan oleh Philip Kotler adalah suatu proses sosial dan menejerial dengan
mana individy dab kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan
dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain
.
Pemasaran dapat pula diartikan
sebagai upaya untuk menciptakan dan menjual produk kepada berbagai pihak dengan
maksud tertentu. Pemasaran berusaha menciptakan dan mempertukarkan produk baik
barang maupun jasa kepada konsumen dipasar. Penciptaan produk tentu saja
didasarkan kepada kebutuhan dan keinginan pasar.
Jd.id adalah
perusahaan mal online (e-commerce) yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.id
dibentuk sebagai kerjasama antara JD.com dan sebuah partner Indonesia. JD.com
adalah salah satu toko B2C online terbesar di China secara jumlah transaksi, di
mana JD.com adalah “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. JD.ID
pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki
12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring
dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya bervariasi
mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.
Apa yang dilakukan web ini agar aman
dan cepat di akses oleh konsumen? Jd.id ini menggunakan country-code top-level
domain Indonesia (.id) dipilih untuk melambangkan komitmen mereka untuk
memberikan layanan yang lebih cepat dan aman. Menurut laporan, nama domain
tersebut memerlukan dana Rp. 500,000,000 (~US$ 38,000) untuk didapatkan. Kenapa menggunakan domain Indonesia ini
lebih cepat dan aman? Jawabanya adalah sebab server domain name server-nya
(DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi (Pengelola Nama Domain
Internet Indonesia).
Setelah
menjelaskan apa itu jd.id dan mengapa web itu cepat di akses oleh customer.
Selanjutnya adalah membahas tentang kekurangan dan kelebihan dari web tersebut.
2.3 Spesifikasi Produk JD.ID
JD.ID pertama kali
beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki 16 kategori
pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring dengan
perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya seperti dibawah
ini :
·
Voucher
·
Otomotif
Bisnis JD.ID
berkembang sangat pesat. Jumlah produk yang ditawarkan bertumbuh cepat dari
kurang dari 10.000 SKU pada tahun 2015 menjadi sekitar 100.000 SKU pada akhir
tahun 2016. JD.ID juga menyediakan jasa pengiriman yang menjangkau 365 kota di
seluruh Indonesia dengan ribuan armada yang siap mengantarkan langsung kepada
para pelanggan JD.ID.
2.4 Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar artinya membagi
pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memmerlukan
produk atau marketing mix yang berbeda pula. Untuk melakukan segmentasi pasar
terdiri dari beberapa variabel yang harus di perhatikan. Tujuannya adalah
agar segmentasi yang telah di lakukan tepat sasaran.
Segmentasi merupakan dasar untuk
mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang
berbeda-beda. Dalam setiap segmen ter-dapat pembeli -pembeli yang mempunyai:
1. kebutuhan yang berbeda-beda.
2. pola pembelian yang berbeda-beda.
3. tanggapan yang berbeda-beda terhadap
berbagai macam penawaran.
Sasaran pasar adalah mengefaluasi
keaktivan setiap segmen kemudian memih salah satu dari segmen pasar atau lebih
untuk di layani menetap. Menetapkan pasar sasaran dengan cara mengembangkan
ukuran dan daya tarik segmen kemudian memilih segmen sasaran yang di inginkan.
Posisi pasar yaitu mnentukan posisi
yang kompetitif untuk produk atau suatu pasar. Posisi produk adalah bagaimana
suatu produk yang di definisikan oleh konsumen atas dasar atribut atributnya.
Tujuan penetapan posisi pasar adalah untuk membangun dan mengomunikasikan
keunggulan bersaing produk yang di hasilkan kedalam benak konsumen.
Analisa
situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru
atau mengkaji strategi yang sudah ada (Carvens, 2000). Analisa situasi ini dilakukan
setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang
diperlukan.
2.5.1 Analisa
Pasar
Pasar hendaknya
ditentukan agar konsumen dan pesaing dapat dianalisis secara tepat. Menurut
Kotler (2000), syarat adanya pasar adalah harus terdapat orang-orang dengan
kebutuhan dan keinginan tertentu dan satu atau lebih produk yang dapat
memuaskan kebutuhan ini. Selain itu, para pembeli juga mau dan mampu membeli
produk yang memuaskan kebutuhan keinginan mereka.
Pasar produk
merupakan produk khusus yang dapat memuaskan sejumlah kebutuhan dan keinginan
manusia yang mau dan mampu membelinya (Cravens, 2000). Istilah produk
menunjukkan produk fisik atau jasa pelayanan. Defenisi ini memadukan manusia
atau organisasi dengan kebutuhan dan keinginan yang hampir sama terhadap suatu
kategori produk yang dapat memuaskan keinginan tersebut.
2.5.2 Analisa
Persaingan
Persaingan antar
merk dapat terjadi pada semua struktur pasar produk. Biasanya perusahaan tidak
bersaing langsung dengan semua perusahaan dalam industri. Karenanya harus
dilakukan identifikasi perusahaan mana yang merupakan pesaing utama.
Pengevaluasian
strategi, kekuatan, kelemahan dan rencana para pesaing juga merupakan aspek
kunci analisa situasi. Evaluasi ini penting untuk identifikasi pesaing yang
sudah ada dan potensial. Hanya beberapa perusahaan dalam industrinya yang
menyimpulkan para pesaing utama. Cravens (2000) menyatakan bahwa analisa
pesaing meliputi pendefenisian arena persaingan, penganalisisan group strategis,
pengambaran dan pengevaluasian tiap pesaing utama. Analisis tersebut harus
menunjukan kekuatan dan kelemahan pesaing.
Gambar
grafik persaingan JD.ID dengan E-commerce lainnya
2.6 Strategi
Promosi JD.ID
Dalam
kegiatan ini setiap perusahaan berusaha untuk mempromosikan seluruh produk atau
jasa yang dimilikinya baik langsung maupun tidak langsung. Tanpa promosi jangan
diharapkan pelanggan dapat mengenal produk atau jasa yang ditawarkan. Promosi
merupakan sarana paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan konsumennya.
Tujuan promosi perusahaan adalah menginformasikan segala jenis produk yang
ditawarkan dan berusaha menarik calon konsumen yang baru. Di JD.ID terdapat empat
macam sarana promosi yang dapat digunakan untuk mempromosikan produknya maupun
jasanya
- Periklanan
(advertising), untuk menginformasikan, menarik, dan
memengaruhi calon konsumenya. Contohnya : JD.ID ini membuat iklan-iklan
untuk mempromosikan pasarnya secara menarik.
Gambar
iklan JD.ID
- Promosi
penjualan (Sales promotion), untuk
meningkatkan jumlah pelanggan, agar pelanggan tertarik untuk membeli, maka
perlu dibuatkan promosi penjualan yang menarik mungkin. Contohnya :
mengeluarkan produk-produk terbaru dan menawarkan potongan harga untuk
menarik konsumen membeli barang tersebut.
Gambar
potongan harga pada JD.ID
- Publisitas
(publicity), untuk memancing konsumen melalui
kegiatan seperti pameran, bakti sosial, serta kegiatan lainnya. Kegiatan
ini dapat meningkatkan pamor perusahaan dimata para konsumennya.
Contohnya: JD.ID memberi paket mudik dengan mengadakan kuis pada saat idul
fitri dengan syarat yang sudah ditentukan.
Gambar paket mudik JD.ID
·
Penjualan pribadi (personal selling),dalam dunia bisnis
penjualan pribadi secara umum dilakukan oleh salesman dan sales girls,
dilakukan oleh petugas customer service atau service assistance. Cntohnya :
JD.ID membuka booth pada saat adanya
pameran.
Gambar
booth JD.ID
2.7 Media
Promosi JD.ID Berbasis IT
Pada media ini Jd.id sendiri sudah
membuat jasa penjualan produk-produknya lewat web dan aplikasi. Hal itu tentu
saja untuk memudahkan para konsumen membeli produk-produk yang tersedia pada
toko online ini.
Gambar
web JD.ID
Gambar Aplikasi JD.ID d android
BAB III
PENUTUP
3.1 Komentar
Berdasarkan tulisan yang saya buat
dapat berkomentar bahwa sudah layak sebuah
perusahaan memiliki Strategi Pemasarannya masing-masing sebelum mereka
menjalankan ataupun memasarkan produk atau jasanya itu. Karena strategi itu
sangat penting untuk jalannya perusahaan kedepan agar bisa lebih baik lagi dan
dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain.
Strategi pemasaran yang dibuat
hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan pada saat ini.
Contohnya dengan menggunakan teknologi-teknologi yang sudah ada. Dan JD.ID ini
sudah menggunakannya dengan mengiklankan jasa/pasarnya tersebut lewat iklan
pada aplikasi atau web-web tertentu.
Adapun penentuan strategi bersaing
hendaknya dilakukan dengan cara membuat pada customer minat untuk memeli
produk-produk yang dijual. Seperti dengan cara menyediakan promo pada barang
tertentu itu sudah menjadi salah satu daya Tarik para customer untuk
membelinya.
Dengan memperhatikan dan
mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan perusahaan akan dapat
menentukan dengan baik strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya, untuk
tetap maju dan berkembang di tengah-tengah persaingannya.
DAFTAR
PUSTAKA
5. http://spiritsumbar.com/minat-kompetisi-mudik-bersama-jd-id-ini-syaratnya/
Komentar
Posting Komentar