Pengalaman Pribadi mengenai “Membangun Motivasi Diri Sendiri”


Motivasi.. Motivasi menurut saya itu adalah sebuah kata yang membuat atau membangkikan diri kita sendiri untuk menjadi lebih bersemangat dalam mencapai keinginan dan tujuan yang ingin kita inginkan. Dari kata motivasi inilah muncul dimana yang dinamakan memotivasi diri sendiri. Dalam memotivasi diri kita sendiri sangat banyak sekali caranya. Tergantung bagaimana cara orang itu melakukannya. Memotivasi diri sendiri ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menghadapi hambatan atau rintangan dalam hidup kita. Dalam hidup, kita tidak tahu kapan kita menghadapi rintangan yang sulit karena kehidupan itu tidak akan semudah atau segampang yang dipikirkan. Sangat bayak rintangan dan cobaan yang akan kita hadapi jika kita ingin meraih kesuksesan ataupun mempertahakan kesuksesan itu. Jadi disitulah kita membutuhkan apa yang dinamakan motivasi.
Bagaimana bisa motivasi itu disebut salah satu metode terbaik dalam menghadapi hambatan maupun rintangan? Sebab karena adanya motivasi ini, jika kita sedang mengalami kesulitan ataupun kesusahan dalam bekerja kita tidak seharusnya mengeluh. Kenapa? Karena jika kita hanya terus-menerus mengeluh tujuan yang ingin kita raih malah makin rumit atau sulit untuk didapatkannya. Dengan adanya motivasi inilah kita bisa tahu bagaimana caranya kita menghadapi kesulitan tersebut. Karena didalam motivasi ini terdapat hal-hal yang sangat ingin kita inginkan jadi kita harus bersemangat dan hadapilah dengan santai agar kita bisa meraih kesuksesan itu...
Dengan cara apa kita bisa memotivasi diri kita sendiri? Yaaaa.. Ada banyak cara untuk memotivasi diri kita itu. Salah satu contoh dari saya adalah keinginan saya untuk membayar biaya umrah maupun haji untuk orang tua. Untuk membayar itu kita harus memiliki banyak uang. Jika kita masih menjadi mahasiswa bagaimana cara mendapatkan uang sebanyak itu? Ya menurut saya untuk mendapatkan uang sebanyak itu dengan cara kita harus bekerja pastinya dan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi itu adalah satu rintangan buat saya dan saya harus memotivasi diri saya untuk mendapatkan satu hal itu. Dengan cara apa? Saya membuat beberapa point yang bisa menjadian diri kita membangun motivasi agar mencapai kesuksesan dimasamendatang.

1.    Menghargai apa yang telah kita lakukan
Jika kita telah melakukan sesuatu yang menurut kita itu adalah sesuatu yang baik. Kita harus menghargai hal itu sebagai contoh kita memberikan sumbangan kepada orang yang kurang mampu tetapi ita menumbangnya hanya sedikit. Kita harus hargai apayang kita lakukan tadi karena dengan menghargai segala sesuatu yang kita lakukan (menghargai diri sendiri) tu adalah suatu cara terbaik untuk memotivasi diri anda sendiri.

2.    Tetap mengejar cita cita setinggi mungkin
Kita harus terus-menerus mengejar cita-cita kita seberat ataupun setinggi mungkin, kenapa? Walaupun itu sangat sudah untuk didapatkannya setidaknya kita telah memotivasi dirikita untuk melakukan hal tersebut. Karena jika hal yang menurut kita susah tadi ternyata berhasil kita capai  akan sangat menyenangkan. Dan jika sudah mendapatkan hal itu teruslah bermimpi untuk mendapatkan yang lebih ataupun yang lain agar hidup kita terus termotivasi.

3.    Jangan membandingkan diri anda dengan orang lain
Janganlah membandingkan diri anda dengan orang lain. Karena hal tersebut hanyak akan membuat kita semakin merendah. Jadi fokuslah dengan diri sendiri karena setiap orang itu memiliki kemampuan dan jalan yang berbeda untuk mencapai kesuksesannya masing-masing. Jadi kita harus menjadi yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya agar kita selalu termotivasi untuk melakukan hal baik tersebut.

4.    Selalu berpikir positif
Berhentilah berpikir negatif. Karena hal ini hanya akan menghilangkan rasa motivasi diri kita sendiri.
5.    Percaya diri
Kita harus percaya diri dengan apa yang kita sudah lakukan janganlah malu ataupun takut dengan apa hasil yang kita dapatkan. Walaupun itu salah kita bisa memperbaiki kesalahan tersebut.

6.    Carilah teman yang bisa memotivasi diri anda
Pada point ini adalah hal yang sangat penting karena jika kita mempunyai teman yang baik kita bisa saling memotivasi satu sama lain. sebagai contoh kita memberi tahu hal yang kita inginkan kepada teman dekat kita itu, dan teman dekat kita itu memberi semangat kepada kita dan membantu agar kita mendapatkan hal tersebut. Dan ini akan membuat kita dan teman kita bahagiaa.




Komentar

Postingan Populer