Pengertian Bisnis, TIK, dan Bisnis Informatika beserta contoh E-commerce dan Perkembangan
BISNIS
Secara umum, pengertian
bisnis (business),
tidak terlepas dari aktivitas produksi, pembelian, penjualan, maupun pertukaran
barang dan jasa yang melibatkan orang atau perusahaan. Dalam konteks yang lebih
sempit, pengertian bisnis sering dikaitkan dengan usaha, perusahaan atau
organisasi yang menghasilkan barang dan jasa untuk menghasilkan laba. Pendapat
lain mengatakan bahwa pengertian bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan
manusia, organisasi ataupun masyarakat luas. Pelaku bisnis (businessman) akan selalu
melihat adanya kebutuhan masyarakat dan kemudian mencoba untuk melayaninya
secara baik sehingga masyarakat menjadi puas dan senang karenanya. Dari
kepuasan masyarakat itulah businessman atau
para pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan dan kemudian keuntungan
tersebut akan digunakan untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih luas.
Pengertian bisnis diatas
sesuai dengan pendapat Jeff Madura yang mengatakan bahwa pengertian
bisnis sebagai berikut” A
business is an enterprise that provides products or services desired by
customers” definisi tersebut menggambarkan bahwa bisnis
didirikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen berupa barang atau jasa. Jika
bisnis tersebut dapat melakukan operasinya secara efektif, maka pemilik
memperoleh tingkat pengembalian yang wajar atas investasi mereka diperusahaan.
TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi
Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication
Technologies; ICT)adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh
peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua
aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi
adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk
memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena
itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang
tidak terpisahkan.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang
terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar
media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer
(baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada
pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat
melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus
mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
BISNIS
INFORMATIKA
Bisnis
informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang
yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan
dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan
dengan teknologi informasi seperti internet.
Tidak
dapat dipungkiri, Bisnis informatika
berkembang dengan pesat akhir-akhir ini. Intenet sudah mengalami pergeseran di
dalam kebutuhan masyarakat. Dahulunya, internet merupakan kebutuhan pelengkap
atau masih merupakan kebutuhan yang mewah bagi sebagian masyarakat. Di zaman
ini, kebutuhan internet sudahlah menjadi kebutuhan sekunder bahkan primer. Hal
ini dikarenakan perkembangan pola pikir dan hidup masyarakat ditambah maraknya
teknologi muktahir yang memungkinkan pencapaian informasi yang mudah didapat
dan cepat. Akses internet pun kian mudah didapatkan. Hal ini mendorong para
pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya.
Sejalan
dengan cepatnya perkembangan bidang teknologi, perusahaan-perusahaan makin
dipacu untuk menggunakan teknologi yang maju sebagai senjata untuk tetap
survive dan memenangkan persaingan yang kian hari terasa ketat dan keras.
Akhir-akhir ini penggunaan internet yang menjurus kepada cyberspace
kelihatannya akan mendominasi seluruh kegiatan di atas permukaan bumi di masa
kini dan masa datang dan secara umum akan berubah menjadi alat untuk persaingan
antara perusahaan yang satu dengan yang lainnya. Ini pun akan membawa dampak
yang sangat besar bagi setiap perusahaan. Dampak pada aspek persaingan adalah
terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga
membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, serentak, dan pervasif.
Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi
terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan
para kompetitornya.
Sedikit Contoh Bisnis Informatika:
1. E-Commerce
E-Commerce merupakan
suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan
bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik.
Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce seperti www.kaskus.us ,
tokobagus.com ,dll. Dengan adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi
ketempat toko barang yang kita inginkan, tetapi cukup duduk manis dirumah dan
pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan
yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di
foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.
2. Software
House
Software house
merupakan suatu perusahaan yang menyediakan jasa dalam melayani pemesanan,
pembuatan software atau aplikasi yang sesuai dengan keinginan dari client.
Namun, tak jarang juga suatu software house membuat suatu aplikasi atau
software yang bersifat umum seperti aplikasi toko, supermarket, rental dan lain
sebagainya. Contoh software house besar yang kita kenal seperti Microsoft,
Apple Inc, Oracle Corporation, dll.
3. Penyedia
Jasa Berita dan infotainment online
Bisnis ini merupakan
bisni yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan
mendapat kan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date.
Penyedia jasa ini seperti goal.com , detik.com , kapanlagi.com, dll.
Jenis
Bisnis Informatika di bidang E-Commerce
Ada
banyak jenis-jenis bisnis informatika ini. Salah satunya adalah di bidang
E-Commerce yaitu Jd.id dengan alamat urlnya adalah www.Jd.id. Sebelum membahas
tentang kelebihan dan kekurangan pada jenis bisnis informatika ini terlebih
dahulu saya akan menjelaskan apa itu Jd.id.
Jd.id adalah
perusahaan mal online (e-commerce) yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.id
dibentuk sebagai kerjasama antara JD.com dan sebuah partner Indonesia. JD.com
adalah salah satu toko B2C online terbesar di China secara jumlah transaksi, di
mana JD.com adalah “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. JD.ID
pertama kali beroperasi di Indonesia pada November 2015 dan saat ini memiliki
12 kategori pilihan produk untuk dijual yang akan terus bertambah seiring
dengan perkembangan usahanya di Indonesia. Ragam kategori produknya bervariasi
mulai dari Ibu dan anak, smartphones, perangkat elektronik, hingga luxury.
Apa yang dilakukan web ini agar aman
dan cepat di akses oleh konsumen? Ya… Jd.id ini menggunakan country-code
top-level domain Indonesia (.id) dipilih untuk melambangkan komitmen mereka
untuk memberikan layanan yang lebih cepat dan aman. Menurut laporan, nama
domain tersebut memerlukan dana Rp. 500,000,000 (~US$ 38,000) untuk didapatkan. Kenapa menggunakan domain Indonesia ini
lebih cepat dan aman? Jawabanya adalah sebab server domain name server-nya
(DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi (Pengelola Nama Domain
Internet Indonesia).
Setelah
menjelaskan apa itu jd.id dan mengapa web itu cepat di akses oleh customer.
Selanjutnya adalah membahas tentang kekurangan dan kelebihan dari web tersebut.
Kelebihan dari JD.id:
1. Dari
segi interface web tersebut menarik dan bagus. Kenapa menarik? Karena ketika
kita masuk pada halaman utama, kita sudah di sajikan dengan produk produk
teranyar. Dan kenapa bagus? Karena web ini konsisten dengan 2 warna yaitu putih
dan merah.
2. Pada
web ini logo jd.id pun sudah menjadi link menu/halaman utama dari website
tersebut. Hal ini memudahkan customer jika ingin kembali kembali ke menu utama.
3. Web
ini menyediakan pengembalian barang yang sudah di beli apabila barang tersebut
tidak sesuai dengan deskripsi atau dengan kondisi yang buruk.
4. Web
ini juga dapat merespon cepat karena ada fitur online talk.
5. Jd.id
juga menyediakan kupon. Kupon yang dimaksud adalah diskon atau potongan harga
untuk barang yang ingin dibeli.
6. Jika
kita mengklik barang yang ingin dibeli makan akan diberikan
deskripsi,spesifikasi review dan
pertanyaan mengenai produk tersebut.
7. Cara
pembayarannya juga bisa menggunakan cicilan tanpa kartu kredit.
Kekurangan
dari JD.id:
1. Bahasa
yang digunakan masih campuran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Lebih baik
dapat menggunakan pilihan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.
Perkembangan Bisnis Informatika di
Indonesia dan Dunia
Perkembangan bisnis informatika di Indonesia maupun di Dunia cukup drastis, hal
ini didukung dengan meningkatnya teknologi dan kebutuhan teknologi informasi,
yang mana pada saat ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan kita menggunakan
beberapa hal dari dunia teknologi informasi.
Dunia
bisnis dibidang informatika akan berkembang pesat dan mengalami kemajuan dengan
adanya media informasi dan perangkat teknologi yang makin canggih. Dari dunia
Maya atau internet inilah lahir sebuah social media. internet dan social media
bisa menjadi alat bagi perusahaan untuk mengenal pasar dan konsumennya.
sekarang iklan standar yang ada di televisi , majalah, atau radio tidak lagi
menjadi referensi utama bagi orang – orang yang ingin membeli sebuah produk.
social media seperti ( facebook, twitter , dll ) justru menjadi alat promosi
yang lebih efektif untuk melakukan promosi. Kita ambil contoh blog dan website
jejaring social. kedua layanan ini bisa mempengaruhi penilaian masyarakat
terhadap sebuah produk. sebelum membeli laptop misalnya, kita bisa googling
dulu untuk mencari link – link yang berisi review – review terhadapa produk
laptop yang akan kita beli tersebut. social media efektif sebagai ajak untuk
beriklan. selain mampu menjangkau banyak audiens, iklan social media jauh lebih
diingat dan menimbulkan rasa penasaran banyak orang.
Saat
ini dunia informatika mengalami banyak perkembangan terutama dalam bidang
bisnis. Pada lingkungan bisnis, kehadiran teknologi informasi mulai disadari dapat
menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu proses bisnis yang ada dan
mengoptimalkan efesiensi bisnis berbasis teknologi informasi. Sekarang ini
banyak perusahaan-perusahaan yang melakukan bisnis online, seperti penjualan
sepatu, baju, mainan, bahkan makanan juga bisa dipesan secara online. Hal ini
terjadi karena berkembangnya teknologi tersebut.
Salah
satu media yang digunakan dalam mengembangkan bisnis di dunia Informatika
adalah internet. Internet adalah jaringan komputer tanpa mengenal batas jarak
dan waktu yang didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga dinamis dan interaktif. Maka dari itu banyak orang bahkan
perusahaan memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, mulai dari menjual
jasa, penjualan dan pembelian produk bahkan pemasaran suatu produk perusahaan.
Perkembangan
dan kemajuan bisnis informatika di negara kita sudah sangat pesat sekali dan
sangat menggiurkan. bisnis ini akan tiada matinya karena dunia IT setiap detik
berkembang, oleh karna itu bisnis ini tidak mungkin ada matinya. contohnya saja
seperti warnet yang bagaikan rumput liar dimana saja ada. Ini dikarenakannya
masyarakat makin membutuhkan informasi. selain warnet yaitu toko hardware yang
menyediakan segala kebutuhan di bidang IT, kita sudah tidak kesusahan lagi
untuk mencari toko komputer. selain itu masyarakat yang mempunya dana yang
lebih mereka ada yang membuat perusahaan IT Konsultan yang akan sedia selalu
membantu kantor, perusahaan dan masyarakat yang sedang membutuhkan bantuan di bidang
IT.
Daftar pustaka
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus