Cara membuat rumah menggunakan strawberry prolog
?-
window(_,_,win_func(),"LA 1",50,50,1000,600).
win_func(paint):-
pen(2,rgb(0,0,0)),
%pembuatan persegi untuk rumah
brush(rgb(0,153,204)),
rect(200,300,400,500),
%panjang rumah
brush(rgb(0,153,204)),
rect(400,300,800,500),
%pembuatan atap rumah
pen(5,rgb(0,0,0)),
line(200,300,300,90),
brush(rgb(51,0,0)),
fill_polygon(300,90,400,300,800,300,700,90),
%pembuatan cerobong
pen(5,rgb(0,0,0)),
line(550,90,550,50),
line(550,50,600,50),
line(600,50,600,90),
%pembuatan jendela
pen(2,rgb(102,51,51)),
brush(rgb(255,255,255)),
rect(450,350,700,450),
brush(rgb(102,51,51)),
rect(570,350,590,450),
%matahari
pen(4,rgb(255,255,0)),
line(100,20,100,160),
line(30,95,170,95),
pen(3,rgb(255,255,255)),
brush(rgb(255,255,0)),
ellipse(50,40,150,140),
%pembuatan lubang di atap
pen(3,rgb(255,255,255)),
brush(rgb(0,0,0)),
ellipse(260,180,330,250),
%pembuat pintu rumah
pen(2,rgb(102,0,0)),
brush(rgb(153,102,51)),
rect(250,365,350,500),
brush(rgb(255,255,255)),
rect(275,385,325,415),
ellipse(255,445,265,455).
OUTPUT:
window(_,_,win_func(),"LA 1",50,50,1000,600).
win_func(paint):-
pen(2,rgb(0,0,0)),
%pembuatan persegi untuk rumah
brush(rgb(0,153,204)),
rect(200,300,400,500),
%panjang rumah
brush(rgb(0,153,204)),
rect(400,300,800,500),
%pembuatan atap rumah
pen(5,rgb(0,0,0)),
line(200,300,300,90),
brush(rgb(51,0,0)),
fill_polygon(300,90,400,300,800,300,700,90),
%pembuatan cerobong
pen(5,rgb(0,0,0)),
line(550,90,550,50),
line(550,50,600,50),
line(600,50,600,90),
%pembuatan jendela
pen(2,rgb(102,51,51)),
brush(rgb(255,255,255)),
rect(450,350,700,450),
brush(rgb(102,51,51)),
rect(570,350,590,450),
%matahari
pen(4,rgb(255,255,0)),
line(100,20,100,160),
line(30,95,170,95),
pen(3,rgb(255,255,255)),
brush(rgb(255,255,0)),
ellipse(50,40,150,140),
%pembuatan lubang di atap
pen(3,rgb(255,255,255)),
brush(rgb(0,0,0)),
ellipse(260,180,330,250),
%pembuat pintu rumah
pen(2,rgb(102,0,0)),
brush(rgb(153,102,51)),
rect(250,365,350,500),
brush(rgb(255,255,255)),
rect(275,385,325,415),
ellipse(255,445,265,455).
OUTPUT:
logika program:
?-
= ini merupakan code awal jika kita
ingin membuat program menggunakan strawberry prolog, jika tidak menggunakan ini
maka program tidak akan jalan atau error.
window(_,_,win_func(),"LA 1",50,50,1000,600).
= di atas ini adalah
kode untuk membuat sebuah jendela output dimana ukurannya
adalah 50x1000 untuk panjang/lebar layar output dan 50x600 adalah untuk tinggi
layar outputnya.
win_func(paint):-
= diatas adalah kode
untuk dapat membuat gambar, garis, atau grafik lainnya.
%pembuatan persegi untuk rumah
= Contoh dari kode di atas merupakan
kode untuk sebuah komentar yang terdapat di dalam program.
pen(2,rgb(0,102,153)),
= di atas adalah kode
untuk menentukan ketebalan garis dan memberikan warna pada garis tersebut.
Dimana garis yang di buat pada kode di atas setebal 2 dan rgb 0,102,153 berupa
warna biru muda.
line(200,300,400,300),
= di atas merupakan
kode untuk membuat garis dimana x1 tersebut berada di 200 dan y1 berada di 300.
Panjang dari garis tersebut adalah x2 sepanjang 400 dan berada di y2 300.
rect(400,300,800,500),
= diatas ini merupakan
kode untuk membuat persegi dimana persigi diatas berukuran 400x800 panjang dan
300x500 untuk tingginya. Kenapa menggunakan rect bukannya line? Karna jika
menggunakan rect didalam persegi tersebut bisa diberi warna dengan menggunaka
kode brush, dan kalau menggukan line tidak bisadi beri warna.
brush(rgb(255,255,0)),
=diatas merupakan
kode untuk memberi warna pada grafik. Rgb 255,255,0 merupakan warna kuning.
Contoh grafik yang ingin di warnai pada program ini adalah ellipse(50,40,150,140),
= diatas merupakan
grafik lingkaran ,dimana grafik tersebut yang diwarnai kuning menggunakan
perintah brush.
fill_polygon(300,90,400,300,800,300,700,90),
=diatas merupak kode
untuk membuat grafik berbentuk trapesium. Contoh dari bentuk trapezium pada
program di atas adalah untuk membuat atap rumah, kenapa menggukanan kode ini?
Sama seperti persegi, jika menggukan line didalamnya tidak bisa diberi warna
namun jika menggukan kode ini maka didalamnya bisa diberi warna.
Komentar
Posting Komentar