Cara membuat rumah menggunakan strawberry prolog

?-

window(_,_,win_func(),"LA 1",50,50,1000,600).
win_func(paint):-
pen(2,rgb(0,0,0)),

%pembuatan persegi untuk rumah
brush(rgb(0,153,204)),
rect(200,300,400,500),

%panjang rumah
brush(rgb(0,153,204)),
rect(400,300,800,500),

%pembuatan atap rumah
pen(5,rgb(0,0,0)),
line(200,300,300,90),
brush(rgb(51,0,0)),
fill_polygon(300,90,400,300,800,300,700,90),

%pembuatan cerobong
pen(5,rgb(0,0,0)),
line(550,90,550,50),
line(550,50,600,50),
line(600,50,600,90),

%pembuatan jendela
pen(2,rgb(102,51,51)),
brush(rgb(255,255,255)),
rect(450,350,700,450),
brush(rgb(102,51,51)),
rect(570,350,590,450),

%matahari
pen(4,rgb(255,255,0)),
line(100,20,100,160),
line(30,95,170,95),
pen(3,rgb(255,255,255)),
brush(rgb(255,255,0)),
ellipse(50,40,150,140),

%pembuatan lubang di atap
pen(3,rgb(255,255,255)),
brush(rgb(0,0,0)),
ellipse(260,180,330,250),

%pembuat pintu rumah
pen(2,rgb(102,0,0)),
brush(rgb(153,102,51)),
rect(250,365,350,500),
brush(rgb(255,255,255)),
rect(275,385,325,415),
ellipse(255,445,265,455).


OUTPUT:







logika program:
?-
= ini merupakan code awal jika kita ingin membuat program menggunakan strawberry prolog, jika tidak menggunakan ini maka program tidak akan jalan atau error.
window(_,_,win_func(),"LA 1",50,50,1000,600).

= di atas ini adalah kode untuk membuat sebuah jendela output dimana ukurannya adalah 50x1000 untuk panjang/lebar layar output dan 50x600 adalah untuk tinggi layar outputnya.

win_func(paint):-
= diatas adalah kode untuk dapat membuat gambar, garis, atau grafik lainnya.

%pembuatan persegi untuk rumah
= Contoh dari kode di atas merupakan kode untuk sebuah komentar yang terdapat di dalam program.
pen(2,rgb(0,102,153)),
= di atas adalah kode untuk menentukan ketebalan garis dan memberikan warna pada garis tersebut. Dimana garis yang di buat pada kode di atas setebal 2 dan rgb 0,102,153 berupa warna biru muda.

line(200,300,400,300),
= di atas merupakan kode untuk membuat garis dimana x1 tersebut berada di 200 dan y1 berada di 300. Panjang dari garis tersebut adalah x2 sepanjang 400 dan berada di y2 300.

rect(400,300,800,500),
= diatas ini merupakan kode untuk membuat persegi dimana persigi diatas berukuran 400x800 panjang dan 300x500 untuk tingginya. Kenapa menggunakan rect bukannya line? Karna jika menggunakan rect didalam persegi tersebut bisa diberi warna dengan menggunaka kode brush, dan kalau menggukan line tidak bisadi beri warna.

brush(rgb(255,255,0)),
=diatas merupakan kode untuk memberi warna pada grafik. Rgb 255,255,0 merupakan warna kuning. Contoh grafik yang ingin di warnai pada program ini adalah ellipse(50,40,150,140),
= diatas merupakan grafik lingkaran ,dimana grafik tersebut yang diwarnai kuning menggunakan perintah brush.

fill_polygon(300,90,400,300,800,300,700,90),
=diatas merupak kode untuk membuat grafik berbentuk trapesium. Contoh dari bentuk trapezium pada program di atas adalah untuk membuat atap rumah, kenapa menggukanan kode ini? Sama seperti persegi, jika menggukan line didalamnya tidak bisa diberi warna namun jika menggukan kode ini maka didalamnya bisa diberi warna.


Komentar

Postingan Populer